Senin, 17 Mei 2010

Messi Bawa Barcelona Juara Liga Spanyol

  foto 

Pemain Barcelona merayakan keberhasilan mereka menjuarai La Liga Spanyol, setelah menang 4-0 atas Valladolid di stadion Camp Nou, Barcelona (17/5). AP/David Ramos
TEMPO Interaktif,,Madrid: Barcelona sukses merebut gelar keempat Primera La Liga Spanyol dalan enam musim setelah berhasil meraihnya pada pertandingan akhir musim dengan menang 4-0 dari Real Valladolid di Stadion Nou Camp, Senin (17/5). Skuad Los Cules mengakhiri perjalanannya dengan meninggalkan rivalnya Real Madrid tiga poin (99-96).
Barcelona menyadari satu kemenangan terakhir bakal membuat mereka juara. Setelah memulai permainan dengan gugup, anak-anak Pep Guardiola bisa memetik kemenangan di mana Lionel Messi mengemas gol ke-33 dan 34 musim ini.
Messi, 22 akhirnya berhasil meraih trofi top skorer Liga Spanyol (El Pichichi). Barcelona sendiri menjadi tim pertama yang bisa meraih nilai tertinggi sepanjang sejarah Liga Spanyol dengan 99 poin.
Di tempat lain, Los Blancos dipaksa bermain imbang 1-1 dengan Malaga. Pengeluaran Rp 2,5 triliun yang dihabiskan Florentino Perez seakan tak berbekas di mana klub kembali gagal merebut gelar dua musim beruntun.
Ini menjadi gelar kedua beruntun bagi Guardiola yang juga pernah menyumbangkan trofi Liga Spanyol dan Piala Super Eropa pada 2010 dengan gelar Piala Dunia Antarklub.
Bagi El Real skuad 'Galacticos' edisi kedua masih belum mampu meruntuhkan dominasi Barcelona. Kegagalan ini semakin memperbesar peluang Jose Mourinho menempati posisi Manuel Pellegrini, yang akhir-akhir ini santer terdengar akan segera didepak dari Santiago Bernabeu.
Barcelona, bermain tanpa Xavi yang dilarang tampil dan digantikan gelandang Pantai Gading Yaya Toure. Guardiola menurunkan Bojan Krkic, Pedro dan Messi di lini serang.
Pemain Malaga hampir membahayakan jala Victor Valdes ketika Mateus Manucho memaksa stopper itu memantahkan tembakannya pada menit ke-4. Namun Barca bangkit dan memecah kebuntuan lewat gol bunuh diri Luis Prieto (27) yang berusaha memotong umpan silang Pedro namun justru menjebol gawangnya sendiri.
Empat menit kemudian Messi memberi umpan cantik kepada Pedro yang mengemas gol ke-12 musim ini. Messi memborong dua gol untuk menutup kemenangan timnya.
Di tempat lain kabar kemenangan Barca justru ditanggapi negatif Madrid yang sempat tertinggal lebih dulu dari malaga pada menit ke-9. Umpan Salvador Caicedo berhasil dimanfaatkan dengan manis Sergio Duda yang menjebol gawang Iker Casillas.
Tandukan Cristiano Ronaldo sempat dimentahkan kiper Malaga yang juga menghalau tembakan bebasnya pada babak perama. Satu menit jelang turun minum giliran Los Merengues menyamakan kedudukan lewat Rafael van der Vaart.
Bagi Valladolid, kekalahan ini membuat mereka bergabung dengan Xerez dan Tenerife yang terdegradasi. Malaga, Racing Santander yang menang 2-0 dari Sporting Gijon masih bisa bermain di Liga Spanyol musim depan.
Tenerife kalah 1-0 dari valencia sementara Xerez bermain imbang 1-1 dengan Osasuna.

Tidak ada komentar: