Kamis, 13 Mei 2010

Atletico Madrid Juara Liga Europa

Atletico Madrid Juara Liga Europa
Diego Forlan
(IST)
INILAH.Com, Hamburg – Dua gol Diego Forlan memastikan Atletico Madrid menjadi klub pertama yang meraih gelar Liga Europa dengan menundukkan Fulham 2-1 di HSH Nordbank Arena, Kamis (13/5) dinihari.
Atletico harus bekerja ekstra keras untuk memastikan gelar ini. Pasalnya Fulham, yang melangkah ke babak final dengan mengalahkan tim sebesar Juventus, Vfl Wolfsburg dan Hamburg SV ini, memberikan perlawanan yang luar biasa.
Atletico membuka gol melalui Forlan saat pertandingan memasuki menit ke-32. Namun, lima menit berselang The Cottagers berhasil menyamakan kedudukan melalui gol indah Simon Davies.
Babak tambahan harus dijalani setelah 90 menit pertandingan kedua tim bermain imbang 1-1. Dan gol kemenangan Atletico tercipta di 15 menit kedua babak tambahan, tepatnya pada menit ke-116 melalui sontekan Forlan.
Kemenangan ini menjadi gelar prestisius pertama Atletico sejak menjuarai La Liga pada 1996. Dan Atletico menjadi klub pertama yang berhasil menjadi juara Liga Europa, yang sebelumnya bernama Piala UEFA. Atletico sendiri berhasil menjuaria Piala UEFA pada 1962.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Kedua tim bermain sedikit hati-hati di awal babak pertama, dan peluang baru tercipta pada menit ke-12. Sebuah blunder gelandang Fulham Danny Murphy membuat Sergio Aguero berhasil menguasai bola dan kemudian mengumpannya ke Diego Forlan. Sayang, tendangan Forlan masih menyamping.
Empat menit kemudian Atletico kembali mendapat peluang melalui tendangan bebas Jose Antonio Reyes. Namun, dengan sigap kiper Fulham Mark Schwarzer berhasil mengantisipasi tendangan dari jarak 20 yard tersebut.
Fulham membalasnya pada menit ke-20. Memanfaatkan umpan Bobby Zamora, tenangan voli Simon Davies nyaris membobol gawang Atletico yang dikawal David De Gea.
Gol pertama akhirnya tercipta pada menit ke-32. Adalah Forlan yang berhasil membobol gawang Fulham usai memanfaatkan kerjasama yang apik antara Reyes dan Aguero.
Keunggulan Atletico tidak bertahan lama. Pasalnya, pada menit ke-37 Fulham menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpang silang Zoltan Gera, Davies berhasil melepaskan tendangan keras yang tidak bisa dihentikan De Gea.
Babak Kedua
Di awal babak kedua tim memainkan sepak bola terbuka. Namun, Fulham lebih banyak mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol.
Pada menit ke-60, Fulham nyaris unggul untuk kali pertama setelah Davies berhasil melepaskan tendangan hasil kesalahan pertahanan Atletico dalam membuang bola. Tapi, dengan cemerlang De Gea berhasil menyelamatkan tendangan Davies dari jarak 15 yard.
Pada menit ke-68, Fulham kembali mengancam melalui Duff. Tapi, tendangan Duff masih menyamping tipis. Hingga akhir pertandingan kedudukan 1-1 masih bertahan dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.
Di 15 menit pertama babak tambahan, kedua tim masih belum juga berhasil mencetak gol. Meski begitu, Atletico lebih menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang.
Atletico akhirnya memastikan kemenangan saat pertandingan memasuki menit ke-116. Forlan kembali menjadi pahlawan kemenangan Atletico. Lewat sontekan usai menerima umpan silang Aguero, striker internasional Uruguay tersebut berhasil membobol gawang Schwarzer untuk kali kedua.[bow]
Susunan Pemain:
Atletico Madrid: 43-David de Gea; 17-Tomas Ujfalusi, 21-Luis Perea, 18-Alvaro Dominguez, 3-Antonio Lopez; 19-Jose Antonio Reyes (Eduardo Salvio, ‘78), 12-Paulo Assuncao, 8-Raul Garcia, 20-Simao Sabrosa (9-Jurado, ‘68); 7-Diego Forlan, 10-Sergio Aguero (2-Juan Valera, ‘118).
Fulham: 1-Mark Schwarzer; 6-Chris Baird, 18-Aaron Hughes,5-Brede Hangeland, 3-Paul Konchensky; 16-Damien Duff (10-Erik Nevland, ‘84), 20-Dickson Etuhu, 13-Danny Murphy (27-Jonathan Greening, ‘118) , 29-Simon Davies; 11-Zoltan Gera; 25-Bobby Zamora (23-Clint Dempsey, ‘54).

Tidak ada komentar: