Selasa, 15 Juni 2010

CILACAP KEMBALI RAIH ADIPURA

Perjuangan keras Kabupaten Cilacap untuk kembali meraih penghargaan dibidang kebersihan lingkungan dari Pemerintah Pusat nampaknya tidak sia-sia, keberhasilan yang didukung dari semua elemen masyarakat tersebut akan segera terwujud dengan akan diterimanya Anugerah Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa (8/6) di Jakarta.
Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Cilacap M.Muslich, pada acara Pernikahan Spektakuler gaun pengantin berbahan limbah non berbahaya di Gedung Persatuan Wanita Patra-PWP Sabtu (5/6).
Menurut Sekda Muslich, prosesi pernikahan dengan tema pemanfaatan limbah non-B3 yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungannya. Dengan kepedualian lingkungan yang dilakukan secara bersama dari semua elemen masyarakat Kabupaten Cilacap, telah mengantarkan Kabupaten Cilacap tahun ini kembali meraih Anugerah Adipura yang akan diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Selasa (8/6), di Jakarta “ Kita patut bersyukur karena harapan dan keinginan untuk meraih penghargaan Anugerah Adipura bisa menjadi kenyataan, Karena itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan”tambahnya.
Sementara itu pada kesempatan yang sama General Manajer Pertamina RU IV Syofrinaldy mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Cilacap. Menurut dia, upaya yang telah dilakukan Pertamina RU IV antara lain pembuatan green bel (sabuk hijau) sebagai paru-paru kota di Cilacap dan pembuatan instalasi pengolahan limbah serta pemberian bantuan drum tempat sampah di Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, sehingga mengantarkan kelurahan ini meraih juara I lomba bersih dan sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah yang saat ini mengikuti penilaian tingkat nasional.Kami berharap, apa yang telah dilakukan LKP Bu Nandang dalam penyelamatan lingkungan ini, dapat pula diikut masyarakat lainnya di Cilacap, katanya.
Pada resepsi pernikahan yang spektakuler tersebut juga berlangsung penyerahan piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Cilacap kepada seorang warga Kecamatan Kampunglaut, Wahyono sebagai perintis, penyelamat, pengabdi, dan pembina lingkungan hidup. Selain itu juga menerima uang pembinaan sebesar Rp 4,5 juta dari Gubernur Jawa Tengah dan Rp 5,5 juta dari Pertamina RU IV Cilacap.
Secara terpisah Pengelola LKP Bu Nandang Hj Erni Suhaina Ilham Fadzry memgatakan, limbah plastik maupun barang-barang bekas ini berasal dari sampah rumah tangga yang dikumpulkan oleh warga belajar LKP maupun masyarakat Kelurahan Gumilir.
Menurut dia, pengumpulan limbah non-B3 ini tidak semata-mata untuk persiapan resepsi pernikahan tersebut tetapi juga kegiatan lainnya yang diselenggarakan LKP Bu Nandang LKP kami juga menggelar pelatihan keterampilan yang memanfaatkan limbah non-B3
Sumber:
KOWE karo NYONG Community

Tidak ada komentar: